Home

Jumat, 25 Maret 2011

Burung Maleo

Burung Maleo Senkawor atau Maleo (Macrocephalon Maleo) adalah salah satu burung endemik asli Indonesia. Burung Maleo merupakan maskot fauna dari provinsi Sulawesi Tengah, karena dari sinilah burung ini berasal. Burung Maleo berukuran sedang, dengan panjang dewasa sekitar 55cm dan merupakan satu-satunya burung di dalam genus tunggal Macrocephalon. Habitat burung ini adalah di sekitar daerah berpasir dan pantai, karena disinilah burung ini bertelur. 

Burung Maleo memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
  1. memiliki bulu berwana hitam.
  2. kulit di sekitar matanya berwarna kuning.
  3. iris matanya merah kecoklatan.
  4. kaki berwarna abu-abu.
  5. paruhnya berwarna jingga.
  6. di atas kepalanya memiliki tanduk atau jambul yang berwarna hitam.
  7. Burung betina berukuran lebih kecil dan memiliki warna yang lebih gelap dari pada pejantan. 

    maleo jantan (kanan) dan maleo betina (kiri)


    Keunikan burung maleo adalah saat baru menetas dari telurnya, anak burung maleo sudah bisa terbang. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terdapat dalam telur maleo lima kali lipat lebih besar dari pada telur ayam biasa. Burung Maleo juga terkenal dengan kesetiaannya pada sang kekasih atau pasangannya yang membuat burung ini terkenal dengan anti poligaminya (monogami), sehingga jika salah satu dari pasangan ini mati mereka takan bisa bertelur lagi.

    Akan tetapi, telur burung ini banyak diburu manusia untuk dimakan sehingga populasi burung ini terus menurun setiap tahunnya dan membuat nama burung ini masuk dalam daftar "terancam punah" di dalam IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources). Burung maleo juga masuk dalam daftar CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) Appendix 1.


    Klasifikasi Ilmiah
    Nama Binomial : Macrocephalon Maleo
    Kerajaan : Vetrebrata
    Kelas : Aves
    Ordo : Galliformes
    Famili : Megapodiidae
    Genus : Macrocephalon
    Spesies : M. Maleo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar